BISNIS

Curhat Garuda, Susah Kejar Target Untung karena Aturan Baru TBA

Adanya pemangkasan Tarif Batas Atas (TBA) sebesar 15 persen yang diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan diakui Garuda Indonesia sebagai salah satu faktor sulitnya maskapai BUMN ini meraup keuntungan.

Tidak seperti kuartal pertama Januari-Maret 2019, Garuda Indonesia mampu meraup untung sebesar US$20 juta. Sementara itu, dengan adanya aturan tersebut, membuat Garuda Indonesia harus memberlakukan beberapa alternatif agar kembali bisa meraup untung.

“Harga untuk TBA yang 15 persen memang growth Garuda Indonesia di kuartal I sejumlah US$20 juta jadi terhambat, karena batas dari harganya yang tadinya Rp1 juta jadi Rp800 ribu,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda, Fuad Rizal di kawasan Garuda City Center, Tangerang, Jumat, 26 Juli 2019.

Aturan yang berlaku sejak Mei ini, membuat pihaknya memberlakukan sejumlah alternatif baru seperti, memangkas rute-rute sepi baik itu domestik maupun internasional. Salah satunya dengan rute Denpasar-London yang saat ini telah ditutup.

“Rute langsung Denpasar-London harus kita tutup untuk efisiensi di mana saat ini yang siasati dengan membuka transit menjadi Denpasar-Medan-London. Tapi, untuk rute-rute gemuk atau yang memiliki permintaan cukup tinggi, tidak kami tutup,” ujarnya.

Terkait dengan keuntungan atau kerugian dari maskapai Garuda Indonesia sejak adanya aturan itu, Fuad menegaskan belum bisa memaparkan.

“Pemberlakuan aturan itu kan masuk di kuartal kedua dan belum bisa kami paparkan, karena harus melalui prosedural. Intinya, kami harus tetap menjaga stabilitas bisnis Garuda Indonesia dengan peraturan atau kebijakan saat ini,” ungkapnya.

Related posts

Hingga Juni 2019, BTN Telah Salurkan Kredit Perumahan Rp36,4 Triliun

admin

Komisi Eropa Usul Pengenaan Tarif Biodiesel Indonesia hingga 18 Persen

admin

Tangkuban Perahu Meletus, Penerbangan di Jabar Tak Terganggu

admin

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WeCreativez WhatsApp Support
POLRI.ORG siap membantu anda, apabila ingin membuat laporan/artikel atau beriklan,
👋 POLRI.ORG siap membantu anda