KEPOLISIAN

Demo ke Jakarta, Polisi Ciduk 178 Pelajar

Polri.go.id – Sedikitnya 178 pelajar SMK di Bogor diamankan polisi, Senin (30/9/2019). Para pelajar berseragam putih abu dan pramuka ini terciduk polisi saat hendak pergi ke Jakarta untuk ikut aksi demo di depan gedung DPR RI.

Mereka diamankan di beberapa titik lokasi, di antaranya Stasiun Bogor, Jalan Raya Sindang Barang Loji, Simpang Yasmin, dan kawasan Empang. Para pelajar itu kemudian digiring ke Mapolresta Bogor Kota.

Dari hasil pendataan polisi, tercatat ada 178 pelajar yang terjaring razia. Dari jumlah itu, tiga di antaranya adalah perempuan. Kemudian, dua remaja lainnya memiliki tato di tangannya. Beberapa di antaranya juga ada yang berambut gondrong.

Diketahui, pria berambut gondrong dan bertato ini merupakan anak putus sekolah maupun alumni. Namun, mereka berangkat ke Jakarta mengenakan seragam putih abu bersama kelompok pelajar yang sudah mereka kenal.

“Mau ikut demo di Jakarta pak. Ini inisiatif sendiri, ga ada yang bayar,” kata remaja berambut gondrong, yang mengaku sebagai penjual kopi seduh di daerah Cigombong, Kabupaten Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser mengatakan, ratusan pelajar ini terjaring di beberapa titik lokasi. Dari pengakuan mereka hendak mengarah ke Stasiun Bogor untuk pergi ke Jakarta menggunakan kereta.

“Jawaban mereka ingin ke Jakarta untuk aksi demo,” kata Hendri.

Dari hasil pemeriksaan, beberapa di antaranya ada yang membawa bendera merah putih dan satu orang lainnya diketahui membawa senjata tajam.

“Ada satu senjata tajam jenis celurit yang kita amankan dari seorang pelajar,” kata Hendri.

Bagi yang kedapatan membawa senjata tajam akan dikenakan sanksi pidana yaitu dikenakan Pasal 2 (ayat 1) UU Darurat No 12 th 1951 dengan ancaman 10 tahun kurungan penjara.

Menurutnya, razia yang dilakukan petugas gabungan ini sebagai upaya pencegahan agar para pelajar tidak ikut aksi demo di Jakarta karena berisiko tinggi.

Related posts

Polisi : Rekonstruksi Kasus Bunuh Suami dan Anak Tirinya

osi S

Polisi : Alasan ekonomi dan Pengobatan Istri, Suami Jambret Kakek-kakek

osi S

Polisi: Bakar Nenek di Garut, Pelaku Kesal Ibunya Kerap Ditagih Utang Rp 15 Ribu

osi S

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WeCreativez WhatsApp Support
POLRI.ORG siap membantu anda, apabila ingin membuat laporan/artikel atau beriklan,
👋 POLRI.ORG siap membantu anda