TEKNOLOGI

QuickTake, Kamera Digital Apple yang Terlupakan

Apple ternyata pernah membuat kamera digital. Namanya QuickTake 100. Kamera ini adalah hasil kerjasama dengan perusahaan legenda fotografi, Kodak. Yuk, kilas balik sebentar dengan kamera yang mungkin sudah banyak dilupakan itu.

QuickTake 100 diperkenalkan kali pertama di ajang Tokyo Mac World bulan Februari 1995. Debut perdananya dimulai 3 bulan setelah peluncuran. Kala itu, kamera ini dijual USD 749, sekitar Rp 10,6 juta untuk kurs mata uang saat ini.

Kamera yang kompatibel dengan komputer Apple itu memiliki desain seperti binokular dan berbobot satu pon. Terlihat juga logo Apple yang masih dibalut warna pelangi.

Saat itu, QuickTake 100 dibekali kekuatan 0,3 MP dengan resolusi maksimal 640×480, rendah untuk ukuran zaman sekarang tapi sudah cukup mentereng di masanya. Adapun tenaganya berasal dari baterai AA.

Untuk kapasitas penyimpanan , ia hanya memiliki flash memory sebesar 1 MB. Dalam resolusi penuh, QuickTake ‘menampung’ 8 foto, dan 32 foto di ukuran 320×240.

Tak ada layar preview di piranti ini. Maka saat pengguna ingin melihat hasilnya, foto-foto tersebut harus di-download dulu. Autofocus serta kemampuan zooming juga absen, dikarenakan lensa yang dipasangkan adalah lensa fix.

Kehadiran QuickTake 100 diikuti oleh QuickTake 150 yang menambahkan dukungan Windows. Kemudian seri 200 kembali menggebrak pasar, di mana pembuatannya dilakukan oleh Fujifilm.

Untuk yang seri 200, ia sudah mendapat tambahan fokus dan kontrol aperture serta removable storage, seperti dikutip detikINET dari Cnet.

Perjalanan QuickTake tak cukup lama. Lini kamera ini dihentikan tahun 1997, beberapa saat setelah Steve Jobs kembali ke Apple. Di bawah kepemimpinan Jobs, beberapa produk yang dianggap bukan bisnis inti memang disetop, termasuk Newton PDA dan printer LaserWriter.

Segera setelah Apple membunuh QuickTake, perusahaan fotografi seperti Kodak, Fujifilm, Canon dan Nikon langsung mulai merilis kamera digital.

Apple QuickTake menjadi produk ikonik. Majalah Time menyebutnya sebagai kamera digital consumer pertama serta memasukkannya dalam daftar ‘100 Greatest and Most Influental Gadgets from 1923 to the Present’.

Tapi hal itu tak sepenuhnya benar. QuickTake mungkin kamera digital pertama yang cukup sukses, tapi kamera sejenis telah dijual di Amerika Serikat pada 1990, yakni Dycam Model 1.

Related posts

Soal Dana USO, Beda Malaysia dan Indonesia

admin

Inikah Penampakan Samsung Galaxy Book S?

admin

Hadirkan Fitur Baru, Superapp Gojek Mudahkan Konsumen dan Mitra Driver

admin

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WeCreativez WhatsApp Support
POLRI.ORG siap membantu anda, apabila ingin membuat laporan/artikel atau beriklan,
👋 POLRI.ORG siap membantu anda