TEKNOLOGI

Ini Daftar Pemilik Saham Google, Siapa yang Paling Besar?

Di bursa NASDAQ, ada kelas saham Google yang diperdagangkan, yaitu kelas A berkode GOOGL dan kelas C berkode GOOG. Saham Google di bursa tercatat dengan nama Alphabet Inc. Class A Common Stock dan Alphabet Inc. Class C Capital Stock. Kedua saham tersebut memiliki harga yang enggak jauh berbeda.

Dari banyaknya investor atau trader yang memegang saham Google, ada beberapa orang yang diketahui memilikinya dalam jumlah besar. Penasaran, siapa aja orang-orang tersebut? Melansir dari Investopedia, berikut daftarnya:

1. Larry Page

Larry Page merupakan salah satu pendiri Google dan CEO Alphabet Inc, induk perusahaan Google. Larry Page memiliki saham Google sebanyak 20 juta saham kelas C yang berada di angka US$1.138. Itu artinya, kepemilikan Page mencapai US$22,76 miliar atau sekitar Rp318,14 triliun.

2. Sergey Brin

Bersama-sama dengan Larry Page membangun Google pada 1998, Sergey Brin juga memiliki saham Google dalam jumlah banyak. Di Alphabet Inc., Sergey Brin menempati posisi sebagai Presiden. Brin diketahui memiliki saham kelas C sebanyak 19,3 juta lembar dan kelas A sebanyak 35.300 lembar.

3. Eric Schmidt

Meski pun sudah tak bekerja untuk Google, Eric Schmidt masih memegang saham Google dalam jumlah yang fantastis. Schmidt kini menempati posisi di Gedung Putih sebagai Ketua Dewan Penasihat Inovasi Pertahanan dan kini menjadi penasihat teknis buat dewan.

Saham Google yang dipegang Schmidt mencapai 2,82 juta lembar kelas C dan 51.917 lembar kelas A. Kekayaan Eric Schmidt menurut laporan Forbes mencapai US$13,2 miliar atau sekitar Rp184,5 triliun.

4. Sundar Pichai

Menjadi CEO Google sejak Oktober 2015, Sundar Pichai tercatat memegang saham Google. Bekerja di Google dengan tanggung jawab yang besar, Sundar Pichai disebut-sebut menjadi CEO dengan bayaran tertinggi. Pada 2016, Pichai dilaporkan mendapat gaji sebesar US$199,7 juta atau sekitar Rp2,79 triliun.

Pichai memegang saham Google kelas C dan kelas A. Kepemilikan saham kelas C mencapai 89.727 lembar ditambah dengan 85.415 lembar saham kelas C lagi. Ia juga memiliki saham kelas A sebanyak 6.317 lembar.

5. John Doerr

Sosok yang satu ini merupakan ketua perusahaan modal ventura Kleiner Perkins. Ia berperan sebagai investor Google pada tahun 1999. Perusahaannya menyuntikkan dana ke Google sebesar US$12,5 juta atau sekitar Rp174,65 miliar.

Doerr tercatat memiliki saham Google secara langsung sebanyak 3.485 lembar saham kelas A dan 5.143 lembar kelas C. Ia juga secara enggak langsung memiliki saham kelas C sebanyak 791.195 lembar dan 118.653 lembar saham kelas A melalui Vallejo Ventures Trust dan The Benificus Foundation.

Related posts

Startup Logan Ingin Menyatukan Logistik dan Pergudangan Lewat Digital

admin

Bumi Bakal Kedatangan Sampah dari Luar Angkasa

admin

Apple Mau Geber Produksi iPhone di Luar China, Kenapa?

admin

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WeCreativez WhatsApp Support
POLRI.ORG siap membantu anda, apabila ingin membuat laporan/artikel atau beriklan,
👋 POLRI.ORG siap membantu anda